Monday 25 August 2014

Lowongan Penerimaan CPNS 2014 Kementerian BUMN

 Lowongan Kerja Terbaru CPNS - Penerimaan Calon Pegawai negeri Sipil 2014

PENGUMUMAN NOMOR: PENG- 01 /TPPCPNS.MBU/08/2014 TENTANG PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN BUMN TAHUN 2014


Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk bergabung bersama Kementerian BUMN sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dengan ketentuan sebagai berikut:

A. Lowongan Formasi :
Pendaftaran CPNS Kementerian BUMN dibuka bagi pelamar umum untuk mengisi kebutuhan tenaga sejumlah 30 (tiga puluh) formasi dengan rincian sebagai berikut:





  • Analis Tata Laksana
  • Analis Anggaran
  • Analis Pengembangan Kompetensi
  • Analis Hukum
  • Analis Hasil Penelitian
  • Analis Barang dan Jasa
  • Pemeriksa Anggaran
  • Pengelola Informasi dan Dokumentasi
  • Analis Data BUMN
  • Pengelola Perpustakaan
  • Analis Informatika
  • Analis Sistem Informasi dan Jaringan
  • Analis SDM Aparatur
  • Pranata Kearsipan
  • Pengadministrasi Umum
Penempatan semua CPNS pada jabatan jabatantersebut adalah pada Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat.

B. Informasi Umum
1. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar 1 (satu) kali dengan memilih pada 3 (tiga) jenis jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki. Pendaftaran lebih dari 1 (satu) kali tidak akan terproses oleh sistem.
2. Proses seleksi dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap berikut:
a. Seleksi Administrasi;
b. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan cakupan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP); dan
c. Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang meliputi:
1) Tes Kesehatan
2) Assesment Psikologi
3) Tes Penugasan
4) Tes Wawancara
3. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Kementerian BUMN Tahun Anggaran 2014 dapat dilihat dalam website resmi Kementerian BUMN www.bumn.go.id.
4. Alur/tahapan pendaftaran CPNS Kementerian BUMN Tahun 2014 dapat dilihat pada website panselnas.menpan.go.id.
5. Pendaftaran CPNS dilakukan secara online melalui website panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id.
6. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS di lingkungan Kementerian BUMN, Kementerian BUMN berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS di lingkungan Kementerian BUMN, dan/atau menuntut ganti rugi atas kerugian Negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut dan/atau melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwaj ib karena telah memberikan keterangan palsu.
7. Seluruh pelaksanaan seleksi dilaksanakan di Jakarta.

C. Persyaratan Pelamar

1. Warga Negara Indonesia.
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Sehat Jasmani dan Rohani.
4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Kementerian BUMN Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta.
6. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil.
7. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
8. Bebas narkoba, tidak bertato dan tidak bertindik (kecuali wanita dengan 1 tindik di masing-masing telinga).
9. Berusia antara 18 (delapan belas) tahun dan 28 (dua puluh delapan) tahun pada tanggal 1 Oktober 2014.
10. Pada saat mendaftar, pelamar telah memiliki ijazah Sarjana (S1), Diploma Empat (DIV), atau Diploma Tiga (DIII) dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/ Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan akreditasi bidang studi minimal B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat Penyetaraan Ijazah luar Negeri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
11. Pelamar dengan ijazah S2 dapat melamar pada kualifikasi jabatan S I/DIV dengan menggunakan ijazah Sl/DIV-nya, dan pelamar dengan ijazah S 1/DIV dapat melamar pada kualifikasi jabatan DIII dengan menggunakan ijazah DIII-nya, dengan ketentuan setelah pelamar diangkat menjadi PNS Kementerian BUMN, ijazah S2 (bagi pelamar yang memiliki ijazah S2 pada kualifikasi Sl/DIV) dan ijazah Sl/DIV (bagi pelamar yang memiliki ijazah S 1/DIV pada kualifikasi DIII) tidak akan diakui dalam proses kepegawaian di Kementerian BUMN.
12. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 untuk Perguruan Tinggi Negeri dan 3,25 untuk Perguruan Tinggi Swasta (skala 4).
13. Bagi lulusan Perguruan Tinggi (PT) dari luar negeri diharuskan melakukan konversi atas angka IPK ke skala 4 berdasarkan peraturan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) apabila tidak menggunakan skala 4.
14. Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris dengan sertifikat TOEFL dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450 atau TOEFL-IBT (Internet-Based TOEFL) yang diterbitkan oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF) dengan nilai minimal 53 atau IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP) dengan nilai minimal 5. Skor untuk
prediction test dinyatakan tidak berlaku. Sertifikat TOEFL/IELTS masih berlaku sampai dengan tanggal 1 Oktober 2014.

D. Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS

1. Pendaftaran CPNS Kementerian BUMN Tahun Anggaran 2014 secara online, akan menyesuaikan dengan jadwal pendaftaran CPNS melalui website panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id.
2. Lakukan registrasi online.
Saat pengisian, pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk isian pendaftaran. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas lamaran mengakibatkan ketidaklulusan proses seleksi administrasi.
3. Cetak Kartu/ Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2014.
4. Kirimkan berkas lamaran kepada Ketua Tim Pelaksana Pengadaan CPNS Kementerian BUMN Tahun 2014 dengan melampirkan:
a. Kartu/ Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2014.
b. Foto Copy KTP.
c. Surat pernyataan bahwa pelamar :
1) Sehat Jasmani dan Rohani.
2) Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
3) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta.
4) Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil.
5) Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik. Format surat pernyataan tersebut dapat dilihat dalam lampiran pengumuman ini. Surat pernyataan harus ditandatangani dengan ditempel materai.
d. Foto copy ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisir yaitu :
1) Perguruan Tinggi Negeri disahkan oleh Rektor/ Dekan/ Ketua/ Direktur/ Pembantu Dekan Bidang Akademik;
2) Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi disahkan oleh Rektor/ Dekan/ Ketua/ Direktur/ Pembantu Dekan Bidang Akademik;
3) Pendidikan dari luar negeri dilengkapi dengan surat penetapan pengesahan/penyetaraan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan;
4) Ijazah sementara tidak berlaku.
e. Legalisir sertifikat akreditasi A atau B untuk jurusan/program studi pada tahun kelulusan dan masih berlaku yang dilegalisir Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
f. Copy sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku sampai dengan 1 Oktober 2014.
g. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 3 (tiga) lembar. Tuliskan nama Kementerian BUMN pelamar dan nomor registrasi pendaftaran di bagian belakang pas foto tersebut.
5. Tata cara pengiriman berkas adalah sebagai berikut:
a. Jepit seluruh dokumen dengan stapler dan masukkan dalam map kertas berwarna biru yang telah ditulis nama jabatan yang dilamar di bagian depannya, kemudian map lamaran tersebut dimasukkan dalam amplop warna coklat dan tulis pada pojok kiri atas nama jabatan yang dilamar. Bagi pelamar yang memilih lebih dari 1 (satu) jabatan, tuliskan nama jabatan yang dilamar berdasarkan prioritas pilihannya.
b. Berkas lamaran dikirim kepada Tim Pelaksana Pengadaan CPNS Kementerian BUMN (untuk selanjutnya disebut Tim) Tahun 2014 mulai tanggal dibukanya pendaftaran secara online melalui website panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id
, dan sudah harus diterima Tim selambat-lambatnya 5 hari kalender setelah pendaftaran secara online ditutup, ditujukan kepada:

Ketua Tim Pelaksana Pengadaan CPNS
Kementerian BUMN Tahun 2014
PO BOX 4542 JKP10045

6. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti TKD dengan membawa Kartu Peserta Ujian (KPU). KPU akan dikirimkan kepada pelamar melalui email pelamar yang digunakan pada saat pendaftaran.
7. Pelamar melakukan pencetakan KPU dan menempelkan pas foto terbaru dengan ukuran 4x6 yang sama dengan pas foto yang dikirimkan dalam berkas lamaran.
8. Lokasi dan jadwal pelaksanaan ujian TKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi administrasi di website www.bumn.go.id.

E. Lain-lain
Dalam proses pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian BUMN Tahun Anggaran 2014 berlaku ketentuan sebagai berikut:
1. Tim tidak memungut biaya apapun dalam seleksi penerimaan CPNS Kementerian BUMN.
2. Tim tidak bertanggungjawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknumoknum yang mengatasnamakan Kementerian BUMN.
3. Keputusan Tim dalam hal kelulusan pelamar pada setiap tahap tes bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
4. Bagi mereka yang pernah mengajukan lamaran ke Kementerian BUMN sepanjang memenuhi syarat dalam pengumuman ini, supaya mengajukan kembali sesuai prosedur yang berlaku (lamaran yang telah dikirim ke Kementerian BUMN dianggap tidak
Kementerian BUMN berlaku).
5. Berkas lamaran yang telah masuk ke Tim menjadi milik Kementerian BUMN.
6. Pengumuman setiap hasil tahapan tes ditayangkan secara online dan dapat dilihat pada website www.bumn.go.id.
7. Tim tidak melayani tanya jawab dalam bentuk apapun terkait dengan lamaran.

Gabung di facebook / Langganan Lowongan Via Email

JOB INTERVIEW TIPS

QUESTION IN JOB INTERVIEW

While it is impossible to guess exactly what you will be asked during an interview, you can prepare yourself by developing answers to the most common job interview questions. This kind of preparation will not only help you remain calm during the interview, it will help you READ MORE......

Job Interviews- Dress for Success

The phrase “Dress for Success” is one of the most overused bits of advice for job hunters. At the same time, it is also the best advice. As unfair as it may seem, humans judge one another on appearance and worse yet, on clothes. It is very unfortunate that such prejudices can’t be left in junior high school where they belong. That being said, you must make every effort to have the right clothes for the job that you are seeking. READ MORE.....